Metode Pembelajaran

Metode adalah cara yang sistematis yang digunakan untuk mencapai tujuan (Alipandi, 1989). Sedangkan “menurut Suherman, dkk (1993)metode pembelajaran adalah cara yang dapat digunakan untuk mengerjakan tiap bahan pelajaran”.

Di setiap sekolah terdapat banyak mata pelajaran, dan tiap mata pelajaran mempunyai tujuan-tujuan sendiri. Untuk mencapai tujuan tersebut setiap guru memilih metode manakah yang paling tepat atau sesuai untuk mata pelajarannya. Untuk itu guru perlu mempunyai kecakapan dalam menentukan metode mana yang paling tepat digunakan agar tujuan pembelajaran dapat tercapai.

Menurut Roestiyah (1994), dalam memilih metode harus didasarkan pada beberapa hal sebagai berikut :
1. Sifat dari pelajaran
2. Alat-alat yang tersedia
3. Besar atau kecilnya kelas
4. Tempat dan lingkungan
5. Kesanggupan guru
6. Banyak atau sedikitnya bahan, serta tujuan dari pelajaran

Berdasarkan hal di atas, guru harus menyadari tentang perlunya penguasaan berbagai metode yang dapat digunakan di dalam kelas untuk mencapai berbagai jenis tujuan pembelajaran. Seorang guru yang sangat minim penguasaan metode mengajar, maka ia akan berusaha mencapai tujuannya dengan cara-cara yang tidak wajar yang berarti akan menyebabkan mutu pelajaran tidak terjamin. Minat siswa berkurang, perhatian dan kesungguhan belajar siswa menurun.

Sebaliknya pembelajaran yang menggunakan metode yang berbagai jenis dilakukan secara tepat, akan memperbesar minat belajar siswa dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Jelaslah bahwa cara atau metode pembelajaran sebagai alat pencapai tujuan.

Menurut Mukhrin, dkk. (1994), adapun manfaat dari metode pembelajaran adalah sebagai berikut :
1. Agar terpelihara sebagai pedoman mengajar
2. Ukuran mengoreksi diri sesudah mengajar
3. Bahan pertimbangan dengan pedoman lainnya
4. Agar metode yang dipakai adalah metode terpilih dan tepat
5. Untuk bahan studi selanjutnya.

Dengan adanya metode pembelajaran maka setiap guru bisa memilih berbagai metode yang tepat untuk mengajar, sehingga proses pembelajaran berlangsung sesuai harapan yang diinginkan. Metode pembelajaran ini sangat bermanfaat karena merupakan bahan pertimbangan dalam pengajaran untuk masa yang berikutnya.

Tinggalkan komentar