Model Pembelajaran Webbed

Model jaring laba-laba (Webbed) adalah model pembelajaran terpadu yang menggunakan pendekatan tematik. Pendekatan ini pengembangannya dimulai dengan menentukan tema tertentu misalnya “Hewan“. Tema dapat dibuat dengan persetujuan antara siswa dengan guru. Setelah tema disepakati, maka dikembangkan menjadi subtema dengan memperlihatkan keterkaitannya dengan bidang studi lain. Kemudian dikembangkan aktivitas belajar yang harus dilakukan siswa.

Model ini disebut juga model spider web, yang artinya jaring laba-laba. Strategi pembelajaran terpadu dilakukan dengan jalan mamadukan berbagai bidang pengembangan anak ke dalam satu kegiatan yang berkaitan dengan pengembangan kemampuan dasar sains. Tujuannya ialah mengembangkan dasar sains dengan menggunakan berbagai kegiatan yang berkaitan dengan kemampuan kognitif, bahasa, psikologi, dan keterampilan gerak motorik. Diharapkan siswa dapat berkembang dalam kegiatan kognitif seperti : pengamatan, penyelidikan, pengklasifikasian, sebagai hasil eksplorasi dan inkuiri. Keterampilan koordinasi motorik yang berkaitan dengan kemampuan dasar sains dan kosakata bertambah melalui temuan yang diperoleh selama kegiatan berlangsung. Artinya, kemampuan psikososial secara tidak langsung juga meningkat.

Langkah-langkah yang ditempuh dalam model pembelajaran jaring laba-laba, yaitu sebagai berikut :
a) Guru menyiapkan tema utama dari beberapa standar kompetensi lintas mata pelajaran/bidang studi,
b) Guru menyiapkan tema-tema yang telah terpilih supaya tidak over lapping,
c) Guru menjelaskan tema-tema yang terkait sehingga materinya lebih luas,
d) Guru memilih konsep atau informasi yang bisa mendorong belajar siswa dengan pertimbangan lain yang memang sesuai dengan prinsip-prinsip pembelajaran terpadu.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: