Pengertian Adversity Quotient (AQ)

ghh

Adversity Quotient (AQ) adalah kecerdasan mengatasi masalah., yaitu kecerdasan seseorang dalam menghadapi kesulitan yang menghadangnya (Stoltz, 2000).

Untuk memudahkan pemahaman tentang AQ, diberikan ilustrasi sebagai berikut. Ada dua orang siswa, mendapat teguran dari guru karena tugasnya kurang bagus. Teguran guru mendapat respon yang berbeda dari kedua siswa tersebut. Siswa pertama bukannya bertambah rajin mengerjakan tugas berikutnya melainkan bertambah malas yang akhirnya tidak naik kelas bahkan mengambil keputusan berhenti sekolah. Sedangkan siswa kedua menyadari kekurangannya, ia lebih tekun mengerjakan tugas-tugas berikutnya dan hasilnya sangat memuaskan, ia mendapat nilai bagus dan akhirnya dapat menyelesaikan studinya tepat waktu.

Dari cerita tersebut, muncul pertanyaan mengapa siswa pertama mengambil keputusan berhenti sekolah, sementara siswa kedua mau berusaha mengerjakan tugas-tugas berikutnya. Jawaban singkat yang dapat diberikan adalah karena siswa pertama mempunyai AQ lebih rendah dari pada siswa kedua.

Berdasarkan penjelasan di atas, suksesnya pekerjaan dan hidup seseorang banyak ditentukan oleh AQ. Orang yang memiliki AQ lebih tinggi mampu berfikir, bertindak, dan menyiasati diri untuk menyelesaikan masalahnya. Sebaliknya rendahnya AQ seseorang menyebabkan mudah mengeluh dan mudah berputus asa serta menyerah pada nasib. Sebagaimana yang diungkapkan oleh Stolzt (2000:185) yaitu semakin rendah AQ anda, semakin anda menyerah pada nasib.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: