Pengertian Etika Menurut Para Ahli

Istilah etika, secara teoritis dapat dibedakan ke dalam dua pengertian. Pertama, etika berasal dari kata Yunani ethos yang artinya kebiasaan (custom) atau karakter (character). Dalam pengertian ini, etika berkaitan dengan kebiasaan hidup yang baik, baik pada diri seseorang maupun pada suatu masyarakat atau kelompok masyarakat yang diwariskan dari satu orang ke orang yang lain atau dari satu generasi kegenerasi yang lain. Kedua, secara terminologis etika merupakan studi sistematis tentang tabiat konsep nilai, baik, buruk, harus, benar, salah dan lain sebagainya dan prinsip-prinsip umum yang membenarkan kita untuk mengaplikasikan atas apa saja. Di sini etika dapat dimaknai sebagai dasar moralitas seseorang dan disaat bersamaan juga sebagai filsufnya dalam berperilaku (Badroen: 2006).

Menurut Zainal (2013) etika adalah a code or set of principles which people live (kaedah atau seperangkat prinsip yang mengatur hidup manusia), sehingga etika merupakan bagian dari filsafat yang membahas secara rasional dan kristis tentang nilai, norma atau moralitas. Sedangkan menurut Beekum (2004) etika adalah bidang ilmu yang bersifat normatif karena  berperan menentukan apa yang harus dilakukan atau tidak boleh dilakukan oleh seorang individu. Dalam islam, istilah yang paling dekat berhubungan dengan istilah etika didalam Qur’an adalah khuluq (akhlak). Qur’an juga mempergunakan sejumlah istilah lain untuk menggambarkan konsep tentang kebaikan: khayr (kebaikan), birr (kebenaran), qist (perasaan), ‘adl (kesetaraan dan keadilan), haqq (kebenaran dan kebaikan), ma’ruf (menegtahui dan menyetujui) dan taqwa (ketakwaan).

Sedangkan menurut Muhammad (2004) norma manusia harus berjalan, bersikap sesuai nilai atau norma yang ada. Dari definisi tersebut dapat disimpulkan pengertian etika adalah norma atau nilai yang  berfungsi untuk mengontrol baik atau buruk perilaku seseorang dalam menjalankan kehidupan sehari-hari.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: