Pengertian Bisnis Menurut Para Ahli

Menurut Zainal (2013) Kata bisnis dalam Al-Qur’an biasanya yang digunakan al-tijarah, al-bai’, tadayantum, dan isytara. Tetapi yang seringkali digunakan yaitu al-tijarah dan dalam bahasa arab tijaraha, berawal dari kata dasar tajara, tajran wa tijarata, yang bermakna berdagang atau berniaga. At-tijaratun walmutjar yaitu perdagangan, perniagaan (menurut kamus Al-munawwir). Bisnis merupakan suatu kegiatan yang terhormat di dalam ajaran Islam, karena itu cukup banyak ayat Al-Qur’an dan hadits Nabi yang menyebut dan menjelaskan norma-norma bisnis. Sesuai dengan hadits Nabi SAW mengatakan, “ Hendaklah kamu berdagang, karena di dalamnya terdapat 90% pintu rezeky” (H.R Ahmad).

Bisnis adalah sebuah aktivitas yang mengarah pada peningkatan nilai tambah melalui proses penyerahan jasa, perdagangan atau pengolahan barang /produksi (Muhammad: 2004). Melalui bisnis proses transaksi dilakukan untuk memenuhi kebutuhan. Sehingga banyak masyarakat yang melakukan bisnis untuk mendapatkan keuntungan demi pemenuhan kebutuhan.

Menurut Fauzia (2013) bisnis adalah pertukaran barang jasa atau uang yang saling menguntungkan atau memberikan manfaat. Menurut arti dasarnya, bisnis memiliki makna sebagai  “ the buying and selling of goods and services ”. Bisnis berlangsung karena adanya kebergantungan antarindividu, adanya peluang internasional, usaha utuk mempertahankan dan meningkatkan standar hidup dan lain sebagainya.

Sedangkan menurut Rivai dan Buchari (2009) berpendapat bisnis islam adalah serangkaian aktifitas bisnis dalam berbagai bentuknya yang tidak dibatasi jumlah kepemilikan (barang atau jasa) termasuk profitnya, namun dibatasi dalam cara memperolehnya dan pendayagunaan hartanya katena aturan halal dan haram.

Sesuai definisi diatas dapat disimpulkan pengertian bisnis adalah aktifitas pertukaran barang atau jasa yang dilakukan bertujuan  untuk saling mendapatkan keuntungan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: