Tujuan Pelaksanaan Pendidikan

tugas siswa

Pendidikan merupakan suatu proses perubahan pola pikir manusia untuk mendapatkan ilmu pengetahuan yang nantinya akan bermanfaat bagi kehidupannya. Proses perubahan pola pikir manusia adalah rangkaian kegiatan yang sangat kompleks dan melibatkan banyak pihak. Selain itu, pendidikan dapat mempengaruhi perkembangan suatu bangsa dengan cara menghasilkan Sumber Daya Manusia yang berkualitas. Hal ini sesuai dengan tujuan pendidikan Indonesia yaitu membangun manusia Indonesia seutuhnya serta menyiapkan Sumber Daya Manusia pembangunan yang bermutu (Tirtarahardja,2009:188).

Tujuan pendidikan pada dasarnya tidak lain adalah arah yang hendak di capai demi terwujudnya tujuan hidup manusia, yaitu berkembangnya secara optimal dimensi kemanusian dan pancadaya. Tujuan pendidikan mengarah kepada pembentukan manusia yang berkehidupan bertakwa kepada Tuhan yang Maha Kuasa,sesuai dengan keindahan, kesempurnaan dan ketinggian derajatnya, menguasai dan memelihara alam tempat tinggalnya, dan terpenuhi hak-hak asasinya.

Perikehidupan seperti itu sesuai dengan tuntutan dimensi-dimensi kefitrahan, keindividualan, kesosialan,  kesusilaan, dan keberagaman manusia. Dalam pada itu, perikehidupan demikian dapat di peroleh melalui di kembangkannya daya-daya takwa, cipta, rasa, karsa, dan kaya setiap individu. Dengan kata lain tujuan pendidikan, dari pangkal yang paling mendasar sampai dengan jabarannya yang paling operasional haruslah mengacu kepada perkembangan unsur-unsur hakikat manusia, dimensi kemanusiaan , dan percaya.

Proses pembelajaran merupakan kegiatan yang di jalani oleh peserta didik dalam upaya mencapai tujuan pendidikan di suatu sisi,dan sisi lain merupakan kegiatan yang diupayakan oleh pendidik agar kegiatan tersebut berlangsung untuk sebesar-besarnya bermanfaat bagi pencapaian tujuan pendidikan oleh peserta didik. Proses pembelajaran ini berlangsung dalam interaksi antar komponen peserta didik dan pendidik muatan tujuan pendidikan.

Dalam interaksi ini pendidik menyikapi dan memperlakukan peserta didik sesuai dengan harkat martabat manusia yang melekat pada diri peserta didik,untuk mencapai tujuan pendidikan yang tidak lain adalah upaya perwujudan harkat martabat manusia itu pada perikehidupan peserta didik. Dalam penyikatan dan perlakuan pendidik seperti itu,peserta didik berperilaku sesuai dengan dinamika harkat martabat manusianya yang sedang berkembang.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: