Pengertian Analisis

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia Departemen Pendidikan Nasional (2005) menjelaskan bahwa analisis adalah penyelidikan terhadap suatu peristiwa untuk mengetahui keadaan yang sebenarnya.

Dalam kamus besar bahasa Indonesia kontemporer karangan peter salim dan Yenni Salim (2002) menjabarkan pengertian analisis sebagai berikut :

  1. Analisis adalah penyelidikan terhadap suatu peristiwa (perbuatan,karangan dan sebagainya)untuk mendapatkan fakta yang tepat.
  2. Analisis adalah penguraian pokok permasalahan atas bagian-bagian,penelaahan bagian-bagian tersebut dan hubungan antar bagian untuk mendapatkan pengertian yang tepat dengan pemahaman secara keseluruhan.
  3. Analisis adalah penjabaran sesuatu hal,dan sebagainya setelah di telaah secara seksama.
  4. Analisis adalah proses pemecahan masalah yang di mulai dengan hipotesis atau dugaan dan sebagainya.sampai terbukti kebenaranya melalui kepastian.
  5. Analisis adalah prosesĀ  pemecahan masalah (melalui akal) kedalam bagian-bagianya berdasarkan metode yang konsisten untuk mencapai pengertian tentang prinsip-prinsip dasarnya.

Dalam kamus besar bahasa Indonesia karangan Suharso dan Anaretno Ningsih(2005) Analisis adalah penyelidikan terhadap suatu peristiwa (karangan ,perbuatan dan sebagainya)untuk mengetahui keadaan yang sebenarnya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: