Pengertian Kinerja Pegawai

Jpeg

Jpeg

Landasan yang sesungguhnya dalam suatu organisasi adalah kinerja. Jika tidak ada kinerja maka seluruh bagian organisasi dan tujuan organisasi tidak dapat tercapai. Karena Kinerja merupakan tingkat pencapaian hasil atas pelaksanaan tugas tertentu. Dalam konteks pengembangan sumber daya manusia kinerja seorang pegawai dalam sebuah perusahaan sangat dibutuhkan untuk mencapai prestasi kerja bagi pegawai itu sendiri dan juga untuk keberhasilan perusahaan.

Kinerja merupakan terjemahan dari kata performance (job performance). Secara etimologi performance berasal dari kata to perform yang berarti menampilkan atau melaksanakan. Jadi pengertian kinerja atau performance berarti tindakan atau melaksanakan suatu kegiatan (Syukur: 2012).

Kinerja pegawai adalah tingkat keberhasilan pegawai dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya. Kinerja menurut (Mangkunegara: 2005) adalah hasil kerja secara kualitas dan kuantitas yang dicapai oleh seseorang pegawai dalam melaksanakan tugasnya sesuai dengan tanggung jawab yang diberikan kepadanya.

Rucky (2006) (dalam Fattah: 2014) menyatakan bahwa kinerja adalah catatan tentang hasil-hasil yang diperoleh dari fungsi-fungsi pekerjaan tertentu selama kurun waktu tertentu. (Sedarmayanti: 2001) mengatakan bahwa kinerja (performance) merupakan hasil kerja yang dihasilkan oleh pegawai atau perilaku nyata yag ditampilkan sesuai dengan peranan pegawai tersebut dalam organisasi. Hasil kerja yang dimaksud disini bisa dinyatakan dalam bentuk hasil yang bersifat sesuatu yang bisa diukur (kuantitatif) maupun sesuatu yang bersifat kualitatif.

Pada sisi lain (Hasibuan: 2001) menyatakan kinerja adalah suatu hasil kerja yang dicapai seseorang dalam melaksanakan tugas-tugas yang dibebankan kepadanya yang didasarkan atas kecakapan, pengalaman dan kesungguhan serta waktu. Kinerja (performance) pada dasarnya adalah apa yang dilakukan dan tidak dilakukan oleh karyawan (Mathis dan Jackson: 2006)

Sedangkan menurut (Wirawan: 2008) kinerja adalah keluaran yang dihasilkan oleh fungsi-fungsi atau indikator-indikator suatu pekerjaan atau suatu profesi dalam waktu tertentu.

Berdasarkan defenisi diatas dapat disimpulkan bahwa kinerja merupakan hasil kerja yang dicapai oleh seseorang baik secara individu maupun kelompok atas usaha yang dilaksanakan untuk mencapai tujuan organisasi.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: