Pengaruh Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Pegawai

Jpeg

Jpeg

Sumber Daya Manusia (SDM) merupakan faktor terpenting dalam suatu organisasi atau perusahaan, keterlibatan SDM dalam perusahaan terimplementasi dalam bentuk tenaga kerja, pegawai atau karyawan. Pegawai sebagai sumber daya manusia dalam suatu organisasi merupakan faktor penting bagi peningkatan produktifitas atau kemajuan organisasi. Agar perusahaan mampu terus bertahan dan bersaing, dominasi teknologi saja tidak cukup jika tidak ditunjang oleh sumber daya manusia yang handal (Sutrisno: 2013).

          Selain sumber daya manusia yang harus diperhatikan dalam menghadapi persaingan di era global, organisasi juga dituntut untuk bekerja lebih efektif dan efisien. Persaingan yang semakin ketat menyebabkan organisasi dituntut untuk mampu meningkatkan daya saing dalam rangka menjaga kelangsungan hidup organisasi. Organisasi merupakan penghimpun pegawai untuk menjalankan kegiatan rumah tangga produksi organisasi. Hampir disemua organisasi mempunyai tujuan yaitu memaksimalkan keuntungan dan nilai bagi organisasi, serta meningkatkan kesejahteraan pemilik pegawai. Dalam meningkatkan persaingan antara organisasi satu dengan organisasi yang lain, suatu organisasi harus memiliki aspek kekuatan sumber daya manusia yaitu kinerja pegawai, kinerja yang unggul akan menggambarkan keefektifan pelaksanaan kegiatan organisasi. Selain kekuatan kinerja, organisasi juga harus memiliki suatu ciri khas antara organisasi yang satu dengan organisasi yang lain yang disebut dengan budaya organisasi.

Menurut Robbins (2006) budaya organisasi adalah suatu sistem makna bersama yang dianut oleh anggota-anggota yang membedakan organisasi dari organisasi-organisasi lain. Setiap organisasi memiliki ciri khas yang membedakan dengan organisasi lain. Ciri khas ini menjadi identitas bagi organisasi. Budaya organisasi mengandung nilai-nilai yang harus dipahami, dijiwai, dan dipraktikan bersama oleh semua individu atau kelompok yang terlibat didalamnya. Budaya yang ada pada suatu organisasi akan mempengaruhi cara pekerjaan dilakukan dan cara pegawai berperilaku serta menyebabkan para pegawai memiliki cara pandang yang sama dalam melaksanakan aktifitas pekerjaan. Budaya organisasi juga akan memiliki dampak pada efisiensi dan efektifitas organisasi.

Budaya organisasi berkaitan erat dengan pemberdayaan pegawai (employee empowerment) disuatu organisasi. Budaya organisasi dapat membantu kinerja pegawai, karena menciptakan suatu tingkat motivasi yang besar bagi pegawai untuk memberikan kemampuan terbaiknya dalam memanfaatkan kesempatan yang diberikan oleh organisasinya. Nilai-nilai yang dianut bersama membuat pegawai merasa nyaman bekerja, memiliki komitmen dan kesetiaan serta membuat pegawai berusaha lebih keras, meningkatkan kinerja serta mempertahankan keunggulan kompetitif. Suatu organisasi yang memiliki budaya kuat akan menghasilkan kinerja yang baik dalam jangka panjang. Budaya yang kuat artinya seluruh pegawai memiliki satu persepsi yang sama dalam mencapai tujuan organisasi.

          Kemampuan pegawai tercermin dari kinerja, kinerja yang baik adalah kinerja yang optimal. Kinerja pegawai tersebut merupakan salah satu modal bagi perusahaan untuk mencapai tujuannya. Sehingga kinerja pegawai adalah hal yang patut diperhatikan oleh pemimpin organisasi. Menurut (Mangkunegara : 2001) kinerja didefinisikan sebagai hasil kerja secara kualitas dan kuantitas yang dapat dicapai oleh seorang pegawai dalam melaksanakan tugas sesuai dengan tanggungjawab yang diberikan kepadanya.

            Budaya organisasi sangat penting untuk mengelola perubahan didalam organisasi. Sehingga budaya organisasi harus senantiasa diterapkan secara berkesinambungan kepada pegawai dalam organisasi. Karena budaya yang kuat memiliki kaitan dengan kinerja pegawai yang tinggi. Budaya yang kuat akan membentuk karakter karyawan dalam bekerja, budaya organisasi sebagai komunikasi antar anggota sehingga hubungan antar anggota dalam organisasi dapat berjalan dengan baik. Hal ini akan menciptakan tindakan yang seragam dan komunikasi yang efektif pada organisasi.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: