Pengertian Pendidikan

Pengertian Pendidikan

Jpeg

Jpeg

Istilah pendidikan berasal dari bahasa Yunani “paedagogie” yang akar katanya “pais” yang berarti anak dan “again” yang artinya membimbing. Jadi paedagogie berarti bimbingan yang diberikan kepada anak. Dalam bahasa Inggris pendidikan diterjemahkan menjadi Education yang berasal dari bahasa Yunani “educare” yang berarti membawa keluar yang tersimpan didalam jiwa anak, untuk dituntun agar tumbuh dan berkembang.

Jhon Dewey seorang ahli filsafat pendidikan Amerika pragmatisme dinamis, pendidikan (education) diartikan sebagai proses pembentukan kecakapan-kecakapan fundamental secara intelektual dan emosional ke arah alam dan sesama manusia.

Sementara itu menurut Ki Hajar Dewantara pendidikan umumnya berarti daya upaya untuk memajukan bertumbuhnya budi pekerti (kekuatan batin, karakter), pikiran (intelek dan tubuh anak) yang tidak dapat dipisah agar dapat memajukan kesempurnaan hidup, kehidupan dan penghidupan anak-anak yang dididik dan selaras dengan dunianya.

Berdasarkan pendapat para ahli diatas dapat disimpulkan bahwa pendidikan merupakan usaha yang disengaja dan terencana untuk membantu perkembangan potensi dan kemampuan anak agar bermanfaat bagi kepentingan hidupnya sebagai seorang individu dan sebagai warga negara masyarakat  dengan memilih isi (materi), strategi, kegiatan dan teknik yang sesuai.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: