Landasan Sosiologis Pendidikan

a.   Pengertian Landasan Sosiologis

Kegiatan pendidikan merupakan suatu proses interaksi antara dua individu atau bahkan dua generasi, yang memungkinkan generasi muda memperkembangkan diri. Dengan meningkatkan sosiologi pada kegiatan pendidikan tersebut, maka lahirlah cabang pendidikan sosiologi. Sosiologi pendidikan merupakan  analisis ilmiah tentang proses sosial dan pola-pola interaksi sosial pendidikan yang meliputi 4 bidang :

  1. Hubungan sistem pendidikan dengan aspek masyarakat.
  2. Hubungan kemanusian disekolah
  3. Pengaruh sekolah pada prilaku anggotanya.
  4. Sekolah dalam komunitas, mempelajari interaksi sekolah dengan kelompok  sosial lain dalam satu komunitas.

b. Masyarakat Indonesia Sebagai Landasan Sosiologis Sistem Pendidikan   Nasional

 Masyarakat mencakup sekelompok orang yang berinteraksi antar sesamanya, saling tergantung dan terikat oleh nilai dan norma yang dipatuhi bersama, serta pada umumnya bertempat tinggal disuatu wilayah tertentu, dan adakalanya mereka memiliki hubungan darah atau memiliki kepentingan bersama. Masyarakat sebagai kesatuan hidup memiliki ciri utama antara lain :

  1. Adanya interaksi antar warga-warganya.
  2. Pola tingkah laku warganya diatur oleh adat istiadat, norma-norma, hukum, dan aturan-aturan yang khas.
  3. Ada rasa identitas kuat yang mengikat pada warganya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: