Sejarah Android

A.    Android

Jpeg

Jpeg

Nazrudin (2012 : 1) memaparkan pengertian Android sebagai sebuah sistem operasi untuk perangkat mobile berbasis linux yang mencakup sistem operasi, middleware dan aplikasi.

Dengan demikian dapat dikatakan bahwa Android adalah sistem operasi android ini bersifat open source yang artinya android menyediakan platform terbuka bagi para pengembang untuk menciptakan aplikasi mereka.

1.  Sejarah Android

Awalnya, Google Inc. yang merupakan pendatang baru membuat peranti lunak untuk ponsel/smartphone. Kemudian untuk mengembangkan Android, dibentuklah Open Handset Alliance, konsorsium dari 34 perusahaan peranti keras, peranti lunak, dan telekomunikasi, termasuk Google, HTC, Intel, Motorola, Qualcomm, T-Mobile, dan Nvidia.

Perilisan perdana Android pada tanggal 5 November 2007, Android bersama Open Handset Alliance menyatakan mendukung pengembanganopen source padaperangkat mobile. Di lain pihak, Google merilis kode-kode Android di bawah lisensi Apache, sebuah lisensi perangkat lunak dan open platform perangkat seluler.Pada saat ini sebagian besar vendor smartphone sudah memproduksi smartphone berbasis Android, vendor-vendor tersebut antara lain HTC, Motorola, Samsung, LG, HKC, Huawei, Archos, WEbstation Camangi, Dell, Nexus, SciPhone, WayteQ, Sony, Acer, Philips, T-Mobile, Nexian, IMO, dan Asus. Hal ini, tak lepas dari faktor Android sebagai sistem operasi open source sehingga bebas didistribusikan dan dipakai oleh vendor manapun.

Pesatnya pertumbuhan Android selain faktor yang telah disebutkan, juga karena Android itu sendiri adalah platform yang sangat lengkap baik itu Sistem Operasinya, Aplikasi dan Tool Pengembangan, Market aplikasi android serta dukungan yang sangat tinggi dari komunitas Open Source di dunia, sehingga android terus berkembang pesat baik dari segi teknologi maupun dari segi jumlah device yang ada di dunia. (sumber: Nazruddin : 2012)

2.    Keunggulan Android

Android dipuji sebagai “platform mobile pertama yang lengkap, terbuka, dan bebas”.

a. Lengkap (Complete Platform): Para disainer dapat melakukan pendekatan yang komprehensif dalam mengembangakan platform Android. Android merupakan sistem operasi yang aman dan banyak menyediakan tools dalam membangun software.

b. Terbuka (Open Source Platform): Platform Andorid disediakan melalui lisensi open source. Pengembang dapat dengan bebas untuk mengembangkan aplikasi. Android sendiri menggunakan Linux Kernel 2.6.

c. Free (Free Platform): Android adalah platform/aplikasi yang bebas untuk developer/pengembang. Tidak ada lisensi atau biaya royalti untuk dikembangkan pada platform android. Tidak ada biaya keanggotaan diperlukan. Tidak diperlukan biaya pengujian. Tidak ada kontrak yang diperlukan. Aplikasi android dapat didistribusikan dan diperdagangkan dalam bentuk apapun. (Nazruddin : 2012)

3. Versi Android

Perangkat ponsel atau smartphone pertama yang memakai sistem operasi Android adalah HTC Dream yang dirilis pada 22 Oktober 2008.Pada tahun 2010 hampir semua vendor seluler di dunia menggunakan Android sebagai sistem operasinya. Adapun versi-versi Android yang telah dirilis sampai dengan sekarang dimana setiap versi yang dirilis mengalami kemajuan adalah:

a.    Android versi 1.1

Pada 9 Maret 2009, Google merilis Anroid versi 1.1. Android ini dilengkapi dengan pembaruan estesis pada aplikasi, jam, alarm, voice search (pencarian suara), pengiriman pesan dengan Gmail, dan pemberitahuan email.

b.    Android versi 1.5 (Cupcake)

Dirilis pada pertengahan Mei 2009. Terdapat beberapa pembaruan dan penambahan beberapa fitur dalam seluler versi ini yakni kemampuan merekam dan menonton video dengan modus kamera, meng-upload video ke Youtube dan gambar ke Picasa langsung dari telepon, dukungan BluetoothA2DP, kemampuan terhubung secara otomatis ke Headset Bluetooth, animasi layar, dan keyboard pada layar yang dapat disesuaikan dengan sistem.

c.    Android versi 1.6 (Donut)

Donut dirilis pada  bulan September 2009 dengan menampilkan proses pencarian yang lebih baik dibanding sebelumnya, penggunaan baterai indikator dan control applet VPN.

d.   Android versi 2.0/2.1 (Éclair)

Dirilis pada 3 Desember 2009, perubahan yang dilakukan adalah pengoptimalan hardware.

e.    Android versi 2.2 (Froyo: Frozen Yoghurt)

Pada bulan Mei 2010 versi 2.2 Rev diluncurkan. Android inilah yang menjadi titik balik kesuksesan Android karena banyaknya vendoryang menanamkan OS ini ke dalam device mereka.Fitur yang tersedia di Android versi ini sudah kompleks.

f. Android versi 2.3 (Ginggerbread)

Dirilis pada Desember 2010

g.    Android versi 3.0 (Honeycomb) rilis Februari 2011

h.    Android versi 3.1 dirilis Mei 2011

i.      Android versi 3.2 Dirilis Juli 2011

j. Android versi 4.0 (Ice Cream Sandwich) dirilis November 2011 (Nazrudin, 2012 : 12)

k.    Android versi 4.1 (Jelly Bean)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: