Peranan Handphone Untuk Media Pembelajaran

Jpeg

Jpeg

Berbicara tentang Teknologi akan selalu sejalan dengan perkembangan zaman. Teknologi menjadi tolak ukur dari kemajuan sebuah peradaban manusia. Teknologi menggambarkan tingkatan dari kemampuan berfikir manusia, teknologi juga mampu memberikan kemudahan bagi manusia.

Teknologi sebenarnya sudah ada sejak dahulunya, manusia yang memanfaatkan batu untuk membelah sebuah kemiri, ataupun manusia yang memanfaatkan galah untuk mengambil buah-buahan. Disana telah terdapat sebuah penciptaan dari teknologi dan biasa dikatakan berupa teknologi sederhana. Teknologi memberikan informasi dan secara beriringan menjadikan kita melakukan interaksi atau komunikasi.

Sejalan antara Teknologi, Informasi dan Komunikasi menciptakan pembaharuan sehingga terbentuk menjadi Teknologi Informasi dan Komunikasi. Menurut Y. Maryono dan B.Patmi istiana dalam bukunya Teknologi  Informasi dan Komunikasi (2012:3) mengatakan bahwa “Teknologi Informasi dan Komunikasi adalah tata cara atau sistem yang digunakan manusia untuk menyampaikan pesan atau informasi”.

Seperti halnya yang telah dirasakan dalam kehidupan, cara penyampaian informasi, serta cara berkomunikasi telah berubah mulai dari yang berkirim surat secara manual, sms dari handphone, sampai kepada banyaknya fitur-fitur yang disediakan oleh perusahaan teknologi diantaranya BBM, Line, Facebook, Yahoo Mail, dan lain sebagainya. Fitur hiburan berupa sosial media sangat banyak digunakan dan didownload oleh konsumen terutama dikalangan mahasiswa. Karena berbagai macam kemudahan yang ditawarkan melalui sosial media. Kemudahan untuk berhubungan dengan teman lewat sosial media seperti frandster, facebook, dan tweeter. Sosial media sekarang tidak hanya bisa diakses melalui komputer atau laptop saja, tetapi melalui telepon genggam yang dapat dibawa kemana saja dan dimana saja kita berada.

Perangkat mobile  pemanfaatannya dirasa kurang maksimal, terutama dikalangan mahasiswa, kebanyakan mahasiswa sudah mempunyai mobile android dari berbagai macam versi kecanggihannya. Namun aplikasi yang banyak diunduh oleh mahasiswa lebih dominan untuk hiburan daripada yang berhubungan dengan edukasi. Karena aplikasi yang berbentuk edukasi masih minim sekali. Sebagai pengembang dan perekayasa media pembelajaran seorang Teknologi Pendidikan harus mengikuti perkembangan zaman dan mampu melihat media baru yang potensial untuk dimasuki.

Media yang menarik, yang dapat dijadikan sumber belajar yang mudah diakses dan disajikan dalam bentuk yang menarik, yaitu berupa mobile media, yang memanfaatkan fasilitas dan kemudahannya sehingga dapat dijadikan salah satu sumber dan penunjang pembelajaran disalah satu mata kuliah Dasar-dasar Ilmu Pendidikan (DDIP). Sehinga kepemilikan mobile yang digunakan oleh kalangan mahasiswa dapat dijadikan sarana pembelajaran pada mobile yang dimilikinya.

 Pengembangan pembuatan media pembelajaran adalah salah satu kompetensi yang harus dimiliki oleh mahasiswa Teknologi Pendidikan. Apapun kendala dalam pembelajaran perlu adanya peran untuk mengatasinya, termasuk dalam pembelajaran mata kuliah di Universitas Negeri Padang (UNP). Seorang mahasiswa Teknologi Pendidikan harus mampu memberikan inovasi baru didalam pembeajaran dengan mengikuti dan memanfaatkan teknologi yang berkembang sekarang.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: