Pentingnya Memilih Media Pembelajaran Yang Tepat

Memilih Media Pembelajaran

          Dalam memilih media pembelajaran Dina Indriana (2011 : 27)  menjelaskan bahwa dasar pertimbangan dalam pemilihan media adalah terpenuhinya kebutuhan dan tercapainya tujuan pembelajaran. Jika tidak sesuai dengan kebutuhan dan tujuan pembelajaran, maka media tersebut tidak bisa digunakan.

Hal ini diperkuat dengan pendapat Mc. M. Connel yang menyatakan dengan tegas agar menggunakan media yang memiliki kesesuaian dengan kebutuhan dan tujuan pembelajaran. (Dina Indriana, 2011 : 27).Menurut Dina Indriana (2011 : 28) dalam memilih media pembelajaran tingkat kesesuaian dikelompokkan sebagai berikut:

a.  Kesesuaian dengan tujuan pengajaran

Kesesuaian dengan tujuan pengajaran adalah menyesuaikan media pengajaran dengan tujuan instruksional umum atau khusus yang ada dalam setiap mata pelajaran.

b.  Kesesuaian dengan materi yang diajarkan

Media harus disesuaikan dengan materi yang diajarkan, yakni bahan atau yang akan disampaikan dalam proses belajar mengajar.

c. Kesesuaian dengan fasilitas pendukung, kondisi, lingkungan, dan waktu

Fasilitas pendukung, lingkungan, dan waktu merupakan faktor yang sangat penting dalam efektivitas dan efisiensi penggunaan media pembelajaran. Betapapun bagusnya media yang digunakan, apabila lingkungan dan fasilitas pendukung serta waktu yang ada tidak mendukung, maka tujuan pembelajaran menggunakan media tersebut tidak akan tercapai dengan baik.

d. Kesesuaian dengan karakteristik siswa

Sebuah media bisa sesuai dengan karakteristik siswa tertentu, tapi ada kalanya tidak cocok dengan siswa yang lain. Karena itu, pendidik harus mengetahui karakteristik siswa untuk bisa disesuaikan dengan media yang akan digunakan.

e.  Kesesuaian dengan gaya belajar siswa

Gaya belajar siswa juga sangat mempengaruhi efektivitas penggunaan media pengajaran. Gaya belajar siswa sebagaimana dikemukakan oleh Bobby Deporter dalam bukunya Quantum Learning (1999 : 117), ada tiga, yakni gaya belajar visual, audiotorial, dan kinestetik.

f. Kesesuaian dengan teori yang digunakan

Teori sangat menentukan dalam pemilihan media.Teori menjadi faktor penting digunakannya sebuah media.Penggunaan media tidak boleh dilakukan dengan hanya merujuk pada pilihan dari seorang guru, sehingga mengabaikan teori yang memang sudah tepat digunakan dalam pengajaran.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: