Pengertian Media

Kata media berasal dari bahasa Latin dan merupakan bentuk jamak dari kata medium yang secara harfiah berarti perantara atau pengantar. Media adalah perantara atau pengantar pesan dari pengirim ke penerima pesan. (Arief S. Sadiman, dkk, 2011 : 6).

Association of Education and Communication Technology / AECT (dalam Arief S. Sadiman, dkk, 2011 : 6) membatasi media sebagai segala bentuk dan saluran yang digunakan orang untuk menyalurkan pesan/informasi.

Gagne (dalam Arief S. Sadiman, dkk, 2011 : 6) menyatakan bahwa media adalah berbagai jenis komponen dalam lingkungan siswa yang dapat merangsangnya untuk belajar.

Sementara itu Briggs (dalam Arief S. Sadiman, dkk, 2011 : 6) memberikan contoh mengenai media berupa segala alat fisik yang dapat menyajikan pesan serta merangsang siswa untuk belajar seperti buku, filem, kaset, dan film bingkai.

Asosiasi Pendidikan Naional (National Education Association/NEA) memiliki pandangan yang berbeda dengan beberapa pendapat di atas.NEA berpendapat bahwa media adalah bentuk-bentuk komunikasi baik tercetak maupun audiovisual serta peralatannya.Media hendaknya dapat dimanipulasi, dapat dilihat, didengar dan dibaca. (Arief S. Sadiman dkk, 2011 : 7).

10

Dalam Dina Indriana (2011 : 15) Brown meyakini bahwa media yang digunakan dengan baik oleh guru atau siswa dapat mempengaruhi efektivitas program belajar mengajar. Sebagai contoh, seorang guru memanfaatkan teknologi komputer berupa CD Interaktif untuk menhajarkan materi fisika.Dengan CD interaktif, siswa dapat lebih aktif mempelajari materi dan menumbuhkan kemandirian belajar, sedangkan guru bertugas mengamati dan mengulas penguasaan materi siswa.Berdasarkan beberapa pendapat terhadap pengertian media pembelajaran dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran merupakan segala sesuatu yang dapat menjadi perantara pengirim pesan kepada penerima pesan mulai dari alat yang paling sederhana sampai dengan alat yang paling canggih.Jika dicontohkan dengan zaman sekarang alat yang paling sederhana adalah pesan dari mulut sampai dengan alat yang paling canggih saat ini adalah Teleconfrence.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: