Hakekat Dasar-dasar Ilmu Pendidikan (DDIP)

Jpeg

Jpeg

Mata kuliah Dasar-dasar Ilmu Pendidikan sebagai salah satu mata kuliah dasar keahlian. Mata kuliah yang yang harus diambil oleh semua calon pendidik. Mata kuliah ini sebaiknya terlebih dahulu diambil sebelum mata kuliah proses belajar mengajar yang diberikan masing-masing program studi.

Dalam mata kuliah ini akan dibahas tentang hakekat manusia dan pengembangannya, hakekat pendidikan dan unsur-unsurnya, aliran-aliran pendidikan, landasan dan asas pendidikan serta penerapannya, lingkungan pendidikan, permasalahan pendidikan  dan faktor yang mempengaruhi berkembangnya upaya pembaharuan pendidikan, sistem pendidikan nasional, pendidikan dan pembangunan nasional serta masyarakat masa depan.

Penyampaian suatu mata kuliah seperti mata kuliah dasar-dasar Ilmu pendidikan (DDIP), perlu dukung oleh bahan bacaan yang lengkap dan sistematika serta isinya sesuai dengan silabus mata kuliah itu. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, tim dosen pembina mata kuliah ini telah menyusun buku ajar mata kuliah Dasar-dasar Ilmu Pendidikan (DDIP).

Mata kuliah ini membahas pemikiran ilmiah tentang pendidikan secara teoritis. Dengan mempelajari materi-materi yang ada dalam mata kuliah ini diharapkan mahasiswa dapat memiliki prespektif yang lebih luas tentang fondasi-fondasi kependidikan, pendidikan serta peranannya di sekolah.

Pemahaman dalam hal-hal pokok pendidikan akan mendorong mahasiswa/calon pendidik membentuk keyakinan dan sikap dasar bahwa tindakan pendidikan harus dilakukan dengan penuh kesadaran, berencana, teratur sehingga dapat dipertanggungjawabkan secara rasional, moral dan legal. Keyakinan dan sikap ini akan membantu pula mahasiwa dalam mempelajari MKPBM (MKKII). Mata kuliah dalam MKPBM ini merupakan bagian dari Ilmu pendidikan praktis, yang membahas cara-cara melakukan praktek pendidikan disekolah. Kelompok mata kuliah ini didasari oleh kelompok mata kuliah Dasar Kependidikan (MKDK).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: