SIAP-SIAP WAHAI GURU, BULAN NOVEMBER 2015 UKG AKAN DILAKSANAKAN

pas poto - hitam putih

Guru merupakan bagian terpenting dalam dunia pendidikan. Keberhasialan pendidikan sangat dipengaruhi oleh kompetensi yang dimiliki guru. Mengingat pentingnya peranan guru, maka pemerintah ingin selalu meningkatkan kualitas pendidikan dengan meningkatkan kemampuan guru pendidik. Salah satu cara untuk mengetahui kompetensi guru yaitu melalui Uji kompetensi Guru (UKG). Uji Kompetensi Guru (UKG) merupakan salah satu bentuk ujian bagi para guru guna mengetahui sebatas mana kualitas  guru-guru yang ada diseluruh Indonesia. Hasil UKG berguna untuk bahan evaluasi kemampuan guru sebagai tenaga pendidik.

Tahun 2015 ini akan kembali dilaksanakan UKG untuk mengetahui peningkatan kemampuan guru secara individu. Standar  kelulusan yang ditetapkan adalah 55. Artinya, untuk lulus UKG dibutuhkan kemampuan menyelesaikan soal hingga 55% lebih. Sebagai catatan, standar itu telah diturunkan dari UKG tahun lalu yang sebesar 65. Hal ini karena banyaknya peserta UKG yang hanya meraih nilai dibawah 60.

Jika tidak lulus UKG, maka diberi kesempatan untuk mengikuti ujian susulan hingga 3 kali. Namun, jika tetap tidak lulus juga, maka guru tersebut  hanya akan menerima gaji pokok saja, tunjangan profesinya akan dicabut. Jika tetap tidak bisa lulus dalam beberapa kali UKG, maka guru tersebut bisa dimutasikan menjadi TU.

Dengan adanya UKG ini diharapkan mampu membuat para guru termotivasi untuk meningkatkan kompetisi diri mereka.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: