Pengertian Tugas Murid

Tugas Murid

tugas siswa

Dalam pengelolaan belajar-mengajar, guru dan murid memegang peranana penting. Murid atau anak adalah pribadi yang “unik” yang mempunyai potensi dan mengalami proses berkemban. Dalam proses berkembang itu anak atau murid membutuhkan bantuan yan sifat dan coraknya tidak ditentukan oleh guru tetapi oleh anak itu sendir, dalam suatu kehidupan bersama dengan individu-individu yang lain.

Fungsi murid dalam interaksi belajar-mengajar adalah sebagai subjek dan objek. Sebagai subjek, karena murid menentukan hasil belajar dan sebagai objek, karena muridlah yang menerima pelajaran dari guru.

Guru mengajar dan murid belajar. Jika tugas pokok gur adalah “mengajar”, maka tugas murid adalah “belajar”. Keduanya amat berkaitan dan saling bergantungan, satu sama lain tiddak tepisahkan dan berjalan serempak dalam proses belajar mengajar.

1. Aspek yang berhubungan dengan belajar

a. Murid harus menyadaari sepenuhnya akan arah dan tujuan belajarnya.
b. Murid harus mempunyai motif yang murni.
c. Harus belajar dengan “kepala penuh”; artinya murid memiliki pengetahuan dan pengalaman-pengalaman belajar sebelumnya.
d. Murid harus menyadari bahwa belajar bukan semata-mata menghafal
e. Harus senantiasa memusatkan perhatian (kosentrasi pikiran) terhadap apa yang sedang dipelajari.
f. Harus memiliki rencana belajar yang jelas.
g. Murid harus memandang bahwa semua ilmu (bidang studi) itu sama penting bagi dirinya, sehingga semua bidang studi dipelajari dengan sungguh-sungguh.
h. Jangan melalaikan waktu belajar dengan membuang-buang waktu atau bersantai-santai.
i. Harus dapat bekerja sama dengan kelompok untuk mendapatkan sesuatu atau memperoleh pengalaman baru dan harus teguh bekerja sendiri dalam membuktikan keberhasilan belajar.
j. Selama mengikuti pelajaran atau diskusi dalam kelompok, harus menunjukkan partisipasi aktif dengan jalan bertanya atau mengeluarkan pendapat.

2. Aspek yang berhubungan dengan bimbingan

a. Murid harus menyediakan dan merelakan diri untuk dibimbing sehingga ia memahami akan potensi dan kemampuan dirinya dalam belajar dan bersikap.
b. Menaruh kepercayaan kepada pembimbing dan menjawab setiap pertanyaan dengan sebenarnya dan sejujurnya.
c. Secara jujur dan ikhlas mau menyampaikan dan menjelaskan berbagai masalah yang diderita atau dialami.

3. Aspek yang berhubungan dengan administrasi

a. Tugas dan kewajiban terhadap sekolah
b. Tugas dan kewajiban terhadap kelas
c. Tugas dan kewajiban terhadap kelompok

4. Adab dalam bergaul

a. Adap terhadap guru
b. Adap terhadap murid

5. Meningkatkan efektifitas belajar
a. Kesadaran atas tanggung jawab belajar
b. Cara belajar yang efisien

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: