Tugas

Isi Tugas

1. Isi Tugas Mengajar
Sehubungan dengan pelaksanaan mengajar, isi tugas itu meliputi:

1) Memahami kurikulum yang bersangkutan dengan bidang studi yang akan di ajarkan, secara teliti dan meyakinkan.
2) Mengumpulkan dan menyusun materi pelajaran dan berbagai sumber yang tersedia, baik buku pokok dan buku penunjang.
3) Merencanakan dan/atau mengadakan, baik secara sendiri-sendiri maupun secara bersama-sama dengan guru lain, semua alat bantu pengajaran (media pendidikan), sehingga pada waktunya nanti dapat dipergunakan secara efektif.
4) Membuat persiapan mengajar menurut Produser Pengembangan Sistem Instruksional, dalam berbagai “satuan waktu” yang direncanakan, sehingga singkron dengan bidang studi lainnya.
5) Melaksanakan progran atau menyajikan bahan pelajaran sesuai dengan jadwal mengajar yang ditentukan.
6) Melakukan evaluasi terhadap semua pekerjaan kurikuler yang telah dilaksanakan, baik dengan maksud menilai hasil belajar murid maupun berbagai “umpan balik” untuk menyempurnakan pelaksanaan mengajar berikutnya.
7) Mengembangkan kerja sama dengan guru-guru bidang studi lainnya, terutama dalam rangka “pengintegrasian” pengajaran agama dengan bidang studi yang diajarkan.
8) Melaksanakan berbagai kegiatan luar kelas/sekolah, sehingga apa-apa yang diajarkan itu dapat dirasakan secara aktual dan fungsional serta terintegrasi dalam kehidupan yang sebenarnya di masyarakat.

2. Isi Tugas Bimbingan

Setiap pendidikan antara lain memerlukan layanan bimbingan pendidikan. Tak ada murid yang tidak memerlukan bimbingan.
Bimbingan umum yang pertama-tama diperlukan murid ialah bimbingan dalam proses belajar. Untuk selanjutnya jika diperlukan harus dilakukan bimbingan khusus atau penyuluhan.

a. Menentukan murid-murid yang akan diberi bimbingan
b. Melakukan pemilihan teknik-teknik bimbingan dan penyuluhan
c. Penyuluhan

3. Isi Tugas Administrasi

Guru adalah pimpinan atau menajer dalam pengelolaan proses belajar-mengajar. Ia harus menjalankan fungsi dan peranan kepemimpinan. Terhadap tiga aspek yang akan diperkenalkan kepada anda sehubungan dengan isi tugas mengenai guru, yaitu: peranan kepemimpinan, pengelolaan interaksi belajar mengajar, dan ketata usahaan.

a. Peranan kepempimpinan
Beberapa bentuk kepemimpinan yang mungkin diperankan oleh seorang guru di sekolah dan di kelas yaitu:
1) Kepemimpinan otoriter.
2) Kepemimpinan demokratis.
3) Kepemimpinan kebapakan.

b. Pengelolaan interaksi belajar-mengajar
Bidang-bidang kegiatan interaksi belajar-mengajar meliputi:
1) Daya
2) Dana
3) Ruang dan tempat
4) Waktu
5) Media
6) Metode
7) Evaluasi

c. Ketatausahaan
Tata usaha kelas dan bidang studi adalah pekarjaan atau kegiatan catat-mencatat dan lapor-melapor secara sistematis mengenai keterangan-keterangan atau informasi tentang kelas/bidang studi yang dipegang guru.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: