Pembenaran al-qur’an terhadap kitab-kitab terdahulu

Al-qur’an datang untuk mengokohkan haq dan kebenaran yang terdapat juga dalam kitb-kitab dahulu itu yaitu sebagaimana yang pernah diuraikan mengenai penyembahan Allah swt., beriman kepada rasul-rasulNya, mempercayai adanya balasan di akhirat, melindungi hak dan keadilan serta menganjurkan seluruh manusia agar menghiasi dirinya dengan akhlak yang tinggi dan budi pekerti yang luhur.

Tetapi disamping mengokohkan hal-hal sebagaimana di atas itu, Alqur’an juga menunjukkan, menjelaskan menyingkapkan semua kesalahan dan kekeliruan yang terdapat di dalam kitab-kitab yang dahulu yang tentunya disebabkan karena pengotoran tangan manusia yang membuat perubahan, penggantian, penukaran serta meletakkan mana-mana yang bukan semestinya. Apabila keesalahan-kesalahan dan kekeliruan-kekeliran yang dimasukkan oleh para pemimpin agama kedalam kitab-kitab suci dari langit itu dengan sebenarny atas nama Allah, maka sudah pastilah bahwa apa yang haq itu akan tampak, benar akan kelihatan dan sudah tentu pula bahwa, Taurat dan Injil itu akan sejalan dengan Al-Qur’an. Allah Ta’ala berfirman :

قُلْ يَا أَهْلَ الْكِتَابِ لَسْتُمْ عَلَى شَيْءٍ حَتَّى تُقِيمُوا التَّوْرَاةَ وَالإنْجِيلَ وَمَا أُنْزِلَ إِلَيْكُمْ مِنْ رَبِّكُمْ

,,Katakanlah : ,,Hai ahli kitab (pemeluk agam Keristen dan Yahudi). Tidaklah kamu semua menjalankan Taurat dan Injil dan apa yang diturunkan kepadamu semua dari Tuhanmu’’ .(Q.S. Al-Maidah :68)

Menjalankan kitab Taurat dan Injil itu tentu tidak dapat dilaksanakan dengan sempurna sesuai dengan hakikatnya, kecuali lebih dulu harus, dibersihkan dan dimurnikan dari pemalsuan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: