Multimedia

1. Definisi Multimedia

images (2)

Menurut Vaughan (2006) Multimedia adalah kombinasi teks, seni, suara, animasi, dan video yang disampaikan kepada kita dengan computer atau peralatan manipulasi elektronik dan digital lainnya. Multimedia dapat memprovokasi perubahan secara radikal dalam proses pengajaran pada dekade-dekade mendatang, khususnya saat siswa yang cerdas menemukan bahwa mereka dapat keluar dari batasan pengajaran tradisional.

2. Elemen-elemen Multimedia

1. Teks
a. Dasar penyimpanan informasi
b. Tempat penyimpanan paling kecil
c. Menjelaskan dengan teliti dan akurat
d. Menggunakan teks : typeface, yaitu karakter-karakter grafik yang terdiri dari beberapa ukuran dan style
e. Merupakan elemen vital pada sebagian besar aplikasi multimedia, yaitu pada menu, sistem navigasi dan programnya

2. Grafik
a. Representasi dua dimensi maupun tiga dimensi sebagai medium ilustrasi yang memperjelas penyampaian informasi
b. Dapat berupa grafik bisnis, seperti diagram batang, diagram kue (pie chart) dan lain-lain

3. Animasi
a. Berupa “gambar hidup”
b. Penayangan frame-frame gambar secara cepat untuk menghasilkan kesan gerakan
c. Animasi dibagi menjadi 2 jenis, antara lain :

1) Computer Based Animation
Yaitu animasi yang dihasilkan komputer dalam membuat efek-efek visual seperti perubahan bentuk, warna, posisi, pencahayaan, sudut, fokus. Ada 2 bentuk yaitu Animasi 2D (dua dimensi) dan Animasi 3D (tiga dimensi).
2) Full Motion Movie
Hasil rekaman video yang merupakan gambar hidup. Memerlukan media penyimpanan yang besar.

4. Suara atau audio
a. Fenomena fisik yang dihasilkan oleh pergetaran materi
b. Kategorinya antara lain : ucapan (suara orang berbicara), musik, efek suara (seperti suara tembakan, gelas pecah dan sebagainya)
c. Merupakan elemen sensasional
d. Program aplikasi suara ada 2 jenis, antara lain :
1) MIDI
Kelebihan MIDI :
– Ukuran filenya padat / ringkas
– Kualitas suara lebih baik, dibandingkan dengan digital audio
– Dapat dijalankan pada prosesor 486
– Dapat mengubah waktu tanpa mengubah tinggi /rendahnya musik
Kelemahan MIDI :
– Lagu / musik tidak dapat diulang-ulang dengan sendirinya
– Tidak dapat menghasilkan suatu dialog
– Lebih sukar dibuat dibandingkan dengan Digital Audio
– Membutuhkan pengetahuan di bidang musik untuk membuatnya
2) Digital Audio
Kelebihan Digital Audio :
– Lebih memungkinkan untuk mengulang-ulang lagu (playback)
– Mempunyai kualitas suara yang sangat berpotensi

Kelemahan Digital Audio :
– Tidak dapat memanipulasi seluruh komposisi secara detail
– Ukuran file cukup besar
– Perlu prosesor yang canggih

5. Citra
a. Representasi spesial dari objek
b. Kategorinya antara lain : gambar dari dunia nyata (scanning foto /lukisan),gambar dari dunia maya (dibuat dengan program editor), gabungan keduanya

6. Video
a. Mirip dengan animasi, tetapi diperoleh dari adegan dunia nyata yang disimpan dalam file
b. Paling kompleks dan paling memerlukan persyaratan hardware yang tinggi
c. Format file Video : Audio Video Interleave (AVI), QuickTime, Moving Picture Experts Groups (MPEG)

7. Image
a. Dihadirkan dalam bentuk grafik (non text)
b. Konsep berbentuk kode, tidak adanya relasi dengan waktu
c. Bersifat statis
d. Berkualitas foto di layar monitor : bitmaps, vector drawn graphics, tombol
e. Image terdiri dari 3 jenis, antara lain :
1) Visible Images
Merupakan image yang dapat dilihat. Misalnya : gambar, foto, dokumen, lukisan, dan lain-lain.
2) Non Visible Images
Merupakan image yang tidak dapat disimpan sebagai image, tetapi ditampilkan sebagai image.
Contoh : pengukur tekanan, pengukur suhu, dan alat pengukur lainnya.
3) Abstrak
Merupakan image tidak nyata, bahkan tidak ada di dunia. Image ini biasanya berupa image yang berbasiskan perhitungan aritmatika.

3. Aplikasi Multimedia

Menurut Vaughan (2006) aplikasi multimedia dalam kehidupan manusia, antara lain :
1. Profil perusahan interaktif
2. Demo produk
3. Pelatihan berbasis komputer (Computer Based Training, CBT) dan pengajaran / belajar dengan bantuan komputer (Computer Aided Instruction / Computer Aided Learning, CAI/CAL )
4. Sistem infomasi eksekutif
5. Presentasi bisnis, ilmiah dan sebagainya
6. Permainan (game)
7. Katalog interaktif
8. Kios informasi interaktif
9. Penampilan situs WEB di Internet

4. Tujuan Penggunaan Multimedia

Menurut Vaughan (2006) multimedia yang diaplikasikan bertujuan antara lain untuk :
1. Meningkatkan efektifitas penyampaian informasi
2. Mendorong partipasi, keterlibatan dan eksplorasi pemakai
3. Merangsang panca indera
4. Memberikan kemudahan pemakaian, terutama bagi pemakai awam

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: