Matematika

1 Definisi Matematika

images (4)

Matematika berasal dari bahasa Latin “Manthanein” atau “Mathema” yang berarti belajar atau hal yang dipelajari. Matematika dalam bahasa belanda disebut “Miskunde” atau ilmu pasti, yang kesemuaannya berkaitan dengan penalaran. Ciri utama matematika adalah penalaran deduktif, yaitu kebenaran sesuatu konsep atau pernyataan diperoleh sebagai akibat logis dari kebenaran sebelumnya sehingga kaitan antar konsep atau pernyataan dalam matematika bersifat konsisten. (www.arinimath.blogspot.com/2008/02/definisi matematika).

Dorari menjelaskan bahwa matematika timbul karena pikiran-pikiran manusia yang berhubungan dengan ide, proses dan penalaran. Matematika terdiri dari empat wawasan yang luas yaitu: aritmatika, aljabar, geometri, dan analisa. Selain itu matematika adalah ratunya ilmu, maksudnya bahwa matematika itu tidak tergantung bidang lain, dan agar dipahami orang dengan tepat harus menggunakan simbol dan istilah yang cermat disepakati secara bermakna. Matematika tersusun secara hierarkis yang satu dengan yang lain berkaitan erat. Konsep-konsep matematika pada tingkat lebih tinggi tidak mungkin lebih dipahami, sebelum memahami konsep sebelumnya dengan baik. Ini berarti bahwa belajar matematika harus bertahap dan berurutan secara sistematis serta harus didasarkan kepada pengalaman belajar yang terdahulu. Seseorang akan lebih mudah mempelajari suatu materi yang baru bila didasarkan kepada pengetahuan yang telah diketahui dan dipahami.

Matematika sangat berperan dalam ilmu komputer karena matematika adalah ilmu yang mendasari munculnya ilmu komputer. Salah satu cabang dalam matematika adalah berhitung. Kata berhitung inilah yang mendasari kata komputer, yaitu ‘to compute’ yang artinya menghitung. Jadi, komputer pada mulanya merupakan sebuah alat yang diciptakan untuk membantu manusia dalam menghitung dan kemudian berkembang menjadi sebuah alat penuh kecanggihan seperti yang berkembang dewasa ini.

2 Tujuan dan Fungsi Pembelajaran Matematika
Dorari menjelaskan tujuan pembelajaran matematika antara lain sebagai berikut :
1. Melatih cara berfikir dan bernalar dalam menarik kesimpulan
2. Mengembangkan aktivitas kreatif yang melibatkan imajinasi, intuisi, dan penemuan dengan mengembangkan pemikiran divergen, orisinal, rasa ingin tahu, membuat prediksi dan dugaan, serta coba-coba.
3. Mengembangkan kemampuan memecahkan masalah.
4. Mengembangkan kemampuan menyampaikan informasi atau mengkomunikasikan gagasan antara lain melalui lisan, grafik, peta, diagram dalam menjelaskan gagasan.
Dorari menjelaskan fungsi pembelajaran matematika antara lain sebagai berikut :
1. Mengembangkan kemampuan menghitung, mengukur, menurunkan, dan menggunakan rumus matematika yang diperlukan dalam kehidupan sehari-hari melalui materi pengukuran dan geometri, aljabar, peluang dan statistika, kalkulus, dan trigonometri.
2. Mengembangkan kemampuan mengkomunikasikan gagasan melalui model matematika yang dapat berupa kalimat dan persamaan matematika, diagram, grafik, dan tabel.

2 responses

  1. Sangat menarik!
    Untuk lebih sukses coba metode APIQ.
    APIQ membantu Anda meraih sukses dengan menguasai matematika kreatif yang asyik. Matematika yang dulunya susah, kini menjadi mudah bersama APIQ. Anda berhak untuk menjadi jago matematika. Buktikan langsung dengan menggunakan metode APIQ.

    1. terimakasih atas infonya…
      semoga bermanfaat buat kita semua

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: