Proses Terbentuknya Air Terjun

Foto0177

Air terjun banyak sekali ditemukan di belahan bumi ini. Baik yang memiliki ketinggian beberapa meter saja bahkan hingga puluhan meter. Air terjun juga memiliki keindahan tersendiri, air yang terjun dari ketinggian tertentu membuat terbentuknya kabut di sekitarnya. Jika terdapat cahaya yang tepat, akan terbentuk pelangi yang seakan abadi karena pelangi itu selalu terlihat sepanjang hari.

Lalu bagaiman proses terbentuknya air terjun tersebut?

  1. Saat sungai baru terbentuk, saluran sungai pada tempat-tempat tertentu akan mengalami penyempitan dan erosi. Khususnya pada jalur yang memiliki lapisan tanah yang keras, maka akan terjadi resistensi. Kemudian erosi akan terjadi dan bergerak secara perlahan
  2. Akibat erosi tersebut, peningkatan kecepatan air di tepi sungai bergerak bersama berbagai materi yang dibawanya dari palung sungai. Aliran air sungai tersebut juga membentuk pusaran air yang semakin memperbesar kapasitas erosinya.
  3. Kejadian di atas yang berlangsung secara terus-menerus akan menyebabkan meningkatnya kecepatan air sungai dan membentuk arus yeng lebih cepat ke arah dasar sungai. Akibatnya, tanah yang tergerus erosi akan membentuk ngarai atau jurang pada tempat-tempat tertentu. Semakin lama, jurang tersebut semakin dalam dan terbentuklah air terjun.
  4. Semakin tinggi tebing yang dilalui air sungai, semakin kuat pula tekanan yang dihasilkan air terhadap dasar tebing tersebut. Akibatnya, semakin cepat pula peningkatan tebing air terjun tersebut.

Itulah mengapa, setiap tahun tinggi air terjun dapat bertambah. Ada juga air terjun buatan. Air terjun ini sengaja dibuat oleh manusia untuk tujuan tertentu, baik untuk wisata, pembangkit listrik ataupun pengairan sawah.

5 responses

  1. Proses Terbentuknya air Terjun?

  2. web ini membantu dlm mengerjakan tgs

    1. alhamdulillah jika apa yang admin tulis berguna untuk orang lain..

  3. Maaf, Bisa dijelaskan pakai bahasa yg lebih mudah dipahami?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: