Proses Terjadinya Petir

petir

Kilatan cahaya yang terang diiringi dengan suara yang menggelegar adalah salah satu ciri petir. Kita pasti sering mendengar suara petir yang memekakkan telinga ataupun kilatan cahayanya yang menyilaukan mata. Tidak hanya itu, kekuatan yang dimiliki oleh petirjuga sangat dahsyat, mampu menumbangkan pohon yang besar, merusak bangunan dan bahkan mampu menyebabkan kematian. Energi listrik yang dikandungnya juga mampu merusak perangkat alat elektronik hanya dengan sekali ‘serangan’ saja.

Demikian dahsyatnya sehingga orang takut terhadap petir. Lalu apa itu petir?

Petir bisanya terjadi saat mendung tiba, kenapa bisa demikian?

Petir terjadi akibat adanya gesekan yang terjadi antar mendung/awan yang bergerak akibat pergerakan mendung oleh angin. Gesekan antar mendung dengan massa yang sangat besar dan terjadi dengan keras akan menimbulkan terjadinya panas secara berlebihan pada pernukaan awan tersebut. Besarnya mendung yang bergesekan dan panas yang dihasilkan juga sangat besar sehingga menimbulkan elektron bebas yang sangat melimpah.

Tegangan yang dihasilkan oleh elektron itu sangat besar sehingga memiliki energi yang sangat besar pula. Akibat gesekan awan itu juga menghasilkan pemisahan ion positif dan elektron. ion positif berada pada bagian atas awan dan ion negatif berada di bawah awan. Sedangkan bumi adalah elektron negatif yang sangat besar sekali.

Bentuk kilat terlihat seperti tangga karena loncatan muatan terjadi secara bertahap. bila lintasan kilat/petir (barisan bermuatan negatif) mendekati permukaan bumi, maka muatan positif yang ada di permukaan bumi (rumah, pohon atau benda yang lainya) akan naik ke atas sehingga terjadilah kontak antara ion positif dari bumi dengan ion negatif dari awan. Antara elektron positif yang dihasilkan awan dan elektron negatif yang ada di bumi terjadilah tarik-menarik. Akibatnya, elektro positif yang dihasilkan awan ditarik oleh elektron negatif dari bumi, sehingga terjadilah loncatan listrik yang menyebabkan kilatan cahaya dan terdengar suara yang menggelegar akibar pergerakan elektron yang sangat cepat dalam jumlah yang besar.

Saking besarnya tegangan listrik yang dihasilkan, petir mampu merubah bahan semi konduktor menjadi teraliri listrik, bahkan bahan isolatorpun mampu menghantarkan tegangan listrik dari petir tersebut. Demikian dahsyatnya kekuatan petir sehingga saat petir mulai banyak terjadi di sekitarmu, sebaiknya matikan seluruh prangkat elektronik agar tidak memancing datangnya petir di tempatmu berada.

Petir sering ‘menyerang tempat yang tinggi. Mengapa? Karena tempat yang lebih tinggi dari sekitarnya akan lebih ‘dekat’ dengan awan, dan yang lebih utama, benda yang meruncing akan menjadi pusat elektron negatif dari buri. Itulah sebabnya kenapa petir slalu menyerang pepohonan yang tinggi ataupun benda yang lebih tinggi disekitarnya.

Lalu bagaimana cara mencegah terjadinya petir?

Ion positif dan negatif akan saling tarik menarik, sedangkan ion sejenis akan tolak menolak. awan bagian bawah mengandung ion negatif, demikian juga dengan bumi. Sehingga agar tidak terkena petir maka bagian rumah akan disambungkan langsung dengan bumi bertujuan agar rumah tersebut memiliki ion negatif, sehingga tidak akan menarik ion negatif dari awan tersebut.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: