Kiat Sukses Menghadapi Ujian

IMG0246A

Menghadapi ujian merupakan salah satu hal yang sangat menegangkan bagi siapapun. Jika kita tidak mempersiapkan diri sebaik mungkin, dapat dipastikan kita akan gagal atau mendapatkan nilai yang tidak memuaskan. Bagi seseorang yang belum siap ujian, dia pasti akan kelabakan atau menggunakan cara pintas yang pasti curang dan merugikan diri sendiri. Ada yang membuat contekan, meminta jawaban dari teman, menyontek jawaban teman, bahkan ada yang sampai bertanya pada “mbah google”. Jika cara tersebut dilakukan, ada resiko yang harus di tanggung, yaitu resiko ketahuan nyontek, resiko tidak dapat menyontek, dan resiko tidak mendapat contekan. Semua itu akan berakibat gagalnya ujian kita karena nilainya jelek.

Satu-satunya cara agar terhindar dari kegagalan adalah dengan mempersiapkan diri menghadapi ujian jauh-jauh hari. Belajar merupakan hal yang wajib kita lakukan untuk persiapan ujian. Namun, tidak semua orang sukses mendapatkan nilai ujian yang baik meski sudah belajar keras. Apa yang menyebabkan hal itu terjadi? Jawabannya adalah karena belajar yang dia lakukan tidak efektif. Sehingga apa yang dia pelajari tadk begitu banyak yang ‘masuk’ ke dalam otak.

Bagaimana agar kita bisa belajar efektif? Berikut tipnya;

1. Motivasi

Sebelum belajar dimulai, kita harus memotivasi diri sendiri agar timbul semangat dalam belajar. Berikan keyakinan pada diri sendiri bahawa belajar yang kita lakukan tidak hanya untuk lulus ujian, tetapi juga untuk menambah ilmu yang bermanfaat bagi kita di masa sekarang maupun masa depan. Berikan hadiah atas apresiasi belajar kita. Misalnya, setelah selesai belajar maka anda akan memakan makanan kesukaan atau anda akan membeli sesuatu yang anda suka.

2. Menyusun program belajar

Susunlah program yang mencakup materi apa saja yang akan anda pelajari, materi mana yang paling dulu harus dipelajari dan materi mana yang dirasa paling sulit. Kemudian atur jadwal kapan akan belajar, materi apa saja yang akan dipelajari dan perkirakan bahwa semua materi yang akan diujikan sudah anda pahami sebelum ujian dilaksanakan.

3. Tekhnik belajar

Setiap orang memiliki cara tersendiri untuk bisa memahami suatu materi belajar, baik malalui membaca, mendengar atau menggunakan media penunjang. Pahami diri sendiri dengan cara apa yang paling efektif saat kita memahami materi belajar.

4. Konsentrasi belajar

Belajar dalam waktu singkat tetapi dalam konsentrasi penuh, akan jauh lebih baik dari pada belajar dalam waktu lama tetapi tidak konsentrasi. Konsentrasi belajar akan membuat kita lebih mudah memahami pelajaran. Singkirkan semua hal yang bisa merusak konsentrasi belajar anda.

5. Disiplin

Setiap pekerjaan yang dilakukan tanpa kedisiplinan akan menghasilkan sesuatu yang tidak baik. Disiplin adalah kunci untuk sukses belajar. Tetap belajar meski kita sedang tidak bersemangat ataupun tidak memiliki banyak waktu. Belajar secara terus menerus lebih baik dari pada belajar sekali dengan materi yang banyak.

6. Tentukan Target

Ada target yang ingin kita capai akan membantu kita memotivasi belajar kita. Tentukan target nilai ujian yang ingin kita raih, tentukan target waktu yang kita butuhkan untuk belajar dan tentukan target apa yang akan kita dapatkan setelah selesai belajar.

7. Evaluasi

Sangat penting melakukan evaluasi dalam belajar agar kita bisa mengetahui kekurangan dari belajar kita sehingga kedepannya bisa lebih baik lagi.

8. Tawakal

Tetap melakukan aktifitas belajar dengan usaha yang sugguh-sungguh. Jika sudah demikian biar Tuhan yang akan menentukan hasilnya

9. Berdo’a

Hidup ini selalu dalam naungan Tuhan, sehingga kita jangan pernah melupakan untuk selalu berdo’a mohon diberikan kesuksesan kepada Tuhan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: