Cara Mudah mengerjakan Skripsi

th

Skripsi merupakan salah satu tugas akhir yang harus dibuat oleh mahasiswa untuk menjadi seorang sarjana. Skripsi jika distilahkan anak sekolah adalah Ujian Nasional yang menentukan lulus tidaknya seseorang. Dalam mengerjakan skripsi, ada bermacam-macam rintangan maupun masalah yang kerap ditemui oleh masiswa semester akhir, mulai dari judul yang sulit didapat, referensi yang sudah ditemui, hingga dosen yang susah diajak kompromi. Bagai mana kiat sukses dalam mengerjakan skripsi? Berikut Tipsnya;

1. Apa skripsi yang baik?

Hampir setiap mahasiswa akan mencari judul yang dianggap memiliki bobot yang berat dan dianggap penting ataupun vital. Bahkan ada mahasiswa yang mengatakan tidak akan mau mengerjakan skripsi yang biasa-biasa saja. Lalu seperti apa skripsi yang baik? Jawabanya adalah yang mudah dikerjakan dan cepat selesai. tidak peduli sehebat apapun skripsimu jika sulit dikerjakan tenttu akan mendatangkan masalah, demikian juga jika waktu yang dibutuhkan sangat lama tentu akan membuat kita lama juga lulusnya. Bahkan ada yang sampai di DO gara- gara kelamaan nyusun skripsi.

2. Judul

Judul adalah fondasi untama kita dalam mengerjakan skripsi. Tentu sebelum kita mengerjakan skripsi kita harus memiliki judul. Bagaimana mencarai judul skripsi? Yang pertama adalah lihat sekelilingmu, temukan masalah yang ada kemudian sesuaikan dengan bidang studimu. Jika masalah itu sesuai dengan bidang studimu dan kamu tau bagaimana menyelesaikanya secara ilmiah, maka itu bisa dijadikan bahan skripsi.

3. Berkumpulah Dengan Orang-orang Yang Mengerjakan Skripsi

Hal ini sepele untuk dilakukan tetapi sangat vital perananya. Jika kita berkumpul dengan orang-orang yang mengerjakan skripsi, maka obrolan yang kita dengar adalah soal skripsi. Dengan begitu kita bisa saling bertanya dan menjawab, bisa saling memberikan referensi dan bisa menambah motivasi dalam mengerjakan skripsi

4. Ikuti Aturan dalam Mengerjakan Skripsi.

Ini sangat penting karena terkadang skripsi yang bagus sekalipun tidak bisa diterima oleh kampus dikarenakan tidak sesuai atuurannya. Lebih baik ‘main aman’ saja dalam hal ini.

5. Dekati Dosen pembimbing

Ini sangat penting dilakukan karena semakin kita dekat dengan dosen, maka segala urusan akan semakin lancar. Gunakan jalan kedekatan kekeluargaan sebagaimana seorang guru dengan murid atau seoarng anak dengan orang tua. Ikatan emosi yang terjalin akan membuak  jalan menuju kesuksesan skripsi kita.

6. Siapkan Uang lebih.

Mengerjakan skripsi tidak akan selesai jika tidak mau mengeluarkan uang. Hal ini karena akan dibutuhkan biasa ekstra untuk ngeprint, atau membeli buku referensi. Siap-siap menabung jauh-jauh hari untuk itu.

7. Tawakal dan Berdo’a

Tetap semangat meski judul selalu ditolak ataupun skripsi kita tidak diterima dosen. Berjuang sekuat tenaga dalam mengerjakan skripsi. Buang jauh-jauh rasa malu dan gengsi, semua itu hanya akan menghambat pengerjaan skripsi kiat. Jangan lupa berdo’a kepada Tuhan agar diberi kemudahan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: