Morfologi Bahasa Indonesia

            Morfologi adalah bidang linguistik yang mempelajari susunan bagian-bagian kata secara gramatikal. Pemekaran secara gramatikal disini adalah mutlak karena setiap kata juga dapat dibagi atas segmen terkecil yang disebut fonem. Tetapi fonem-fonem itu tidak harus berupa morfem misalnya kata “Jambi” terdiri atas lima fonem,tetapi kata itu terdiri dari satu morfem saja.

Menurut Zaenal (2007:2) morfologi adalah “ilmu bahasa tentang seluk-beluk bentuk kata (struktur kata)”. Sedangkan menurut pendapat Abdul (2003:97) morfologi adalah “ilmu bahasa yang mengidentifikasi satuan-satuan dasar bahasa sebagai satuan gramatikal”. Sejalan dengan pendapat Abdul, Kentjono (1982:39) juga mengemukakan morfologi sebagai “tataran ilmu bahasa yang disebut tata bahasa  atau gramatika”. Morfologi juga disebut tata kata atau tata bentuk, merupakan satuan gramatikal struktur intern kata.

 Perubahan bentuk kata menyebabkan adanya perubahan golongan dari arti kata, golongan kata sepeda tidak sama dengan golongan kata bersepeda, perbedaan golongan kata dan arti-arti kata tersebut adalah karena peubahan bentuk dari kata-kata bersangkutan, karena itu morfologi disamping bidang utamanya menyelidiki seluk beluk kata,juga menyelidiki kemungkinan adanya perubahan golongan dan arti kata yang timbul sebagai akibat perubahan bentuk katanya.

Secara sederhana dapatlah diberikan pengertian bahwa morfologi adalah bagian dari ilmu bahasa yang membicarakan atau mempelajari seluk beluk bentuk kata serta pengaruh perubahan-perubahan bentuk kata tersebut terhadap golongan arti kata, dengan kata lain morfologi mempelajari seluk beluk kata serta fungsi perubahan bentuk kata itu, baik fungsi gramatikal maupun semantik.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: