Interferensi sebagai pengembangan bahasa

           Bila dilihat dari usaha pengembangan bahasa, interferensi merupakan suatu hal yang menguntungkan sebab interferensi merupakan suatu mekanisme yang sangat penting untuk memperkaya dan mengembangkan suatu bahasa untuk mencapai taraf bahasa yang sempurna dalam segala bidang kegiatan. Interferensi merupakan gejala terbesar, terpenting dan paling dominan dalam bahasa. Dalam pengembangan bahasa Indonesia di bidang fonologi misalnya, kita lihat sebelum berlakunya EYD pada tahun 1972.

         Sumbangan terbesar dari interferensi adalah dalam bidang morfologis dan sintaksis, secara historis bahasa Indonesia yang berasal dari bahasa melayu, banyak yang menyerap dari unsur-unsur bahasa daerah seperti : bahasa Jawa, Sunda dan lain-lain semua unsur itu turut memperkaya khazanah kebahasaan, sehingga bahasa Indonesia yang sekarang ini sudah tentu tidak sama dengan pada awal-awal bahasa Indonesia digunakan sebagai bahasa nasional.

         Interferensi dalam bahasa Indonesia dan bahasa-bahasa nusantara berlaku bolak-balik artinya unsur bahasa daerah bisa memasuki bahasa Indonesia dan bahasa Indonesia banyak diserap oleh bahasa daerah, akan teapi berbeda dengan bahasa asing, bahasa Indonesia hanya menjadi penerima dan tidak pernah menjadi pemberi.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: