Bahasa Daerah

Setiap suku yang ada di Indonesia mempunyai budaya yang beraneka ragam salah satu bentuk budaya tersebut adalah memiliki bahasa daerah oleh setiap suku. Bahasa daerah tersebut merupakan bagian dari kebudayaan nasional yang hidup. Bahasa daerah dalam kedudukannya sebagai bahasa daerah yaitu1) lambang kebanggaan daerah

2) lambang identitas

3) alat berkomunikasi didalam keluarga dan masyarakat.

Dengan demikian secara umum fungsi yang terpenting dari bahasa daerah adalah sebagai alat komunikasi maupun alat-alat untuk mengenal identitas daerah-daerah dimana bahasa itu digunakan.

Masyarakat Indonesia adalah masyarakat dwibahasawan, artinya masyarakat yang memiliki dan menggunakan dua bahasa, yaitu bahasa daerah dan bahasa Indonesia. Bahasa daerah digunakan untuk berkomunikasi dalam berhubungan dalam lingkungan keluarga maupun dalam masyarakat bahasa daerah itu sendiri berada, sementara bahasa indonesia digunakan sebagai media komunikasi antar suku atau dengan masyarakat diluar bahasa-bahasa daerah mereka, kedua bahasa tersebut digunakan secara bergantian dan saling melengkapi.

Menurut Paul (2002:52) bahasa daerah adalah “penamaan bahasa yang digunakan oleh kelompok orang yang anggotanya secara relatif memperlihatkan frekuensi interaksi yang lebih tinggi di antara mereka dibandingkan dengan mereka yang bertutur dalam bahasa daerah tersebut”. Oleh karena frekuensi interaksi yang tinggi itu diwujudkan oleh ikatan-ikatan institusional, seperti ikatan kekerabatan, upacara-upacara yang berkaitan dengan lingkaran hidup masing-masing warga, maka bahasa daerah dapat pula digunakan sebagai kriteria pengidentifikasian dari sukubangsa atau kelompok etnis sehingga bahasa dinamakan juga bahasa sukubangsa, atau sebaliknya sukubangsa dapatlah dinamakan sebagai kelompok etnolinguistik.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: