Tanggapan siswa

Pengertian Tanggapan siswa
Menurut Edwi (2008) tanggapan yaitu suatu bayangan yang tinggal dalam ingatan setelah kita melakukan pengamatan. Tanggapan dapat dibedakan menjadi tiga bagian, yaitu: (1) tanggapan masa lampau atau tanggapan ingatan; (2) tanggapan masa datang atau tanggapan mengantisipasikan; (3) tanggapan masa kini atau tanggapan representatif (tanggapan mengimajinasikan).

Pada proses persepsi setiap stimulus yang datang akan membentuk gambaran dalam jiwa manusia yang tidak langsung hilang setelah pengamatan selesai dilakukan, namun disimpan dalam jiwa individu yang nantinya akan dapat dibayangkan dan ditanggapi kembali. Jadi proses membayangkan dan menanggapi suatu stimulus terjadi setelah proses pengamatan selesai dan tinggal kesan-kesannya saja. Fungsi inilah yang dalam psikologi disebut sebagai fungsi tanggapan yang didefinisikan sebagai gambaran ingatan dalam jiwa manusia yang terjadi setelah objek yang diamati sudah tidak berada lagi dalam ruang dan waktu pengamatan.

Pada persepsi terjadi gambaran sementara dan dalam tanggapan juga terjadi gambaran, namun antara persepsi dengan tanggapan memiliki beberapa perbedaan yaitu : (1) persepsi terikat oleh tempat dan waktu, sedang tanggapan tidak terikat oleh tempat dan waktu; (2) pada persepsi objek diamati terlihat detail dan sempurna sedangakan pada tanggapan objek yang diamati terlihat kabur dan tidak detail; (3) persepsi memerlukan stimulus sedangkan tanggapan tidak memerlukan stimulus; (4) persepsi bersifat sensoris sedangkan tanggapan bersifat imaginer.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: