Angket dan penyusunan angket

Angket dan penyusunan angket

Menurut Sukmadinata (2008) angket atau kuesioner merupakan suatu teknik atau cara pengumpulan data secara tidak langsung (peneliti tidak langsung bertanya-tanya dengan responden). Penggunaan angket dalam penelitian ini adalah untuk melihat tanggapan siswa terhadap manfaat penggunaan media animasi pembelajaran  dengan menggunakan program Microsoft Powerpoint 2007 dan Macromedia Flash 8. Jenis angket yang digunakan adalah angket terbuka.

Angket terbuka adalah angket yang disajikan dalam bentuk sederhana sehingga responden dapat memberikan isian sesuai dengan kehendak dan keadaannya (Riduwan, 2008:71). Sukmadinata (2008) menjelaskan angket terbuka adalah angket yang berisi pertanyaan-pertanyaan atau pertanyaan pokok yang bisa dijawab atau direspon oleh responden secara bebas. Berdasarkan manfaat penggunaan media pembelajaran maka diperoleh kisi-kisi angket seperti yang ada pada tabel dibawah ini:

Tabel 1 Kisi-Kisi Angket Penelitian

Variabel

Indikator

Deskriptor

Penggunaan animasi pembelajaran pokok bahasan trigonometri Manfaat penggunaan media peambelajaran a. Menarik perhatian
b. Variasi Mengajar
c. Tingkat pemahaman siswa
d. Penyajian materi
e. Keaktifan siswa
Tampilan  rancangan perangkat media pembelajaran a. Gambar dan simulasi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: