Prosedur Penelitian PTK

Prosedur Penelitian
Penelitian ini direncanakan untuk dilakukan dalam beberapa siklus. Menurut Sugiyanto (1999) dalam penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) terdiri dari :

1. Perencanaan atau persiapan tindakan (planning)
2. Pelaksanaan tindakan (Action)
3. Observasi dan evaluasi
4. Analisis dan refleksi (Reflection)

1. Perencanaan atau Persiapan Tindakan (planning)
Hal-hal yang dilakukan dalam persiapan tindakan ini antara lain :
a. Membuat satuan program pembelajaran
b. Membuat rencana program pembelajaran
c. Mempersiapkan alat-alat pendukung yang diperlukan sesuai dengan rencana program pembelajaran
d. Menyiapkan lembar observasi aktivitas guru
e. Menyiapkan lembar observasi aktivitas siswa
f. Mendesain alat evaluasi berupa soal tes dan kunci jawaban

2. Pelaksanaan Tindakan (acting)
Setelah semua persiapan tindakan selesai maka langkah selanjutnya adalah pelaksana tindakan. Dalam pelaksanaan ini pembelajaran dilaksanakan sesuai dengan skenario pembelajaran yang telah disiapkan pada persiapan tindakan. Secara umum tahapan pelaksanaan tindakan ini antara lain :
a. Membuat suasana belajar mengajar sebaik mungkin
b. Memberikan semangat dan motivasi siswa untuk belajar.
c. Melaksanakan kegiatan inti sesuai dengan RPP yang telah disiapkan
d. Melakukan evaluasi
e. Menganalisis hasil evaluasi
f. Merefleksi pelaksanaan tindakan untuk menentukan perbaikan pada kegiatan pembelajaran pada siklus berikutnya.

3. Observasi dan Evaluasi
Observasi adalah cara yang digunakan untuk mengadakan penilaian dengan jalan mengadakan pengamatan secara langsung dan sistematis. Pemantauan terhadap pembelajaran menggunakan lembar pengamatan alat bantu catatan-catatan yang hasilnya digunakan untuk menentukan jenis tindakan perbaikan pada siklus berikutnya.
Evaluasi dilakukan untuk mengetahui hasil yang telah dicapai dari proses pelaksanaan tindakan.Hasil yang dimaksud dapat berupa perubahan kinerja guru dan hasil belajar siswa. Evaluasi dilaksanakan pada saat proses kegiatan belajar mengajar berlangsung dan pada stiap akhir siklus dengan memberikan tes akhiruntuk melihat tingkat keberhasilan yang telah diperoleh siswa dalam memahami materi pelajaran yang diberikan.

4. Analisis dan Refleksi (reflecting)
Hasil analisis dan refleksi akan menentukan apakah tindakan yang dilakukan dapat mengatasi masalah. Jika hasilnya belum seperti yang diharapkan maka masalah yang ada belum ada terselesaikan. Akan diadakan perbaikan dilakukan berdasarkan hasil refleksi yang terlihat pada siklus berikutnya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: