Pengertian Sains

Pengertian Sains
Sains bermula timbul dari rasa ingin tahumanusia, dari rasa keingintahuan tersebut membuat manusia selalu mengamati terhadap gejala-gejala alam yang da dan mencoba memahaminya.

Sains bermula dari bahasa asing “science” berasal dari kata latin “scientia” yang berarti saya tahu. Kata scince sebenarnya bearti ilmu pengetahuan yang terdiri dari ilmu sosial science (ilmu pengetahuan sosial) dan natural sscience (ilmu pengetahuan alam). Namun dalam perkembangannya science diterjemahkan sebagai sains yang berarti ilmu pengetaguan alam (IPA) saja, walaupun pengertian in kurang pas dan bertentangan dengan etimologi (Jujun Suriasumantri, 1998:299).

Sejalan dengan pendapat Kardi dan Nur dalam Trianto, sains mempelajari alam semesta, benda-benda yang ada di permukaan bumi, didalam perut bumi dan diluar angkasa, baik yang dapat diamati indera maupun yang tidak dapat diamati dengan indera. Oleh karena itu dalam menjelaskan hakekat fisika, pengertian sains dipahami terlebih dahulu. Sains atau ilmu kealaman adalah ilmu tentang dunia zat, baik mahkluk hidup ataupun benda mati yang diamati (Kardi dan Nur, 1994:1). Adapun penggunaaannya secara umum terbatas pada gejala-ejala alam. Perkembangannya tidak hanya ditandai oleh adanya kumpulan fakta, tetapi oleh adanya metode ilmiah dan sikap ilmiah.

Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa sains adalah suatu kumpulan teori yang sistematis, penerapannyan secara umum terbatas pada gejala-gejala alam, lahir dan berkembang melalui metode ilmiah seperti observasi dan eksperimen serta menunntut sikap ilmiah seperti rasa ingin tahu, terbuka , jujur dan sebagainya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: