Pengertian Belajar

Dalam proses pendidikan sekolah, kegiatan belajar merupakan kegiatan yang paling pokok. Ini berarti bahwa berhasil tidaknya pencapaian tujuan pendidikan tergantung bagaimana proses belajar yang dialami oleh seseorang sebagai peserta didik.

Belajar adalah perubahan tingkah laku yang relatif mantap berkat latihan dan pengalaman. Belajar sesungguhnya adalah ciri khas manusia yang membedakannya dengan hewan. Belajar merupakan kegiatan atau aktivitas yang dilakukan seseorang untuk memperoleh pengetahuan tertentu. Dengan belajar seseorang dapat mengembangkan sikap, pengetahuan dan keterampilan kearah yang lebih baik.

Menurut pengertian secara psikologis (Slameto,1995) belajar merupakan suatu proses perubahan yaitu perubahan tingkah laku sebagai hasil dari interaksi dengan lingkungannya dalam memenuhi kebutuhan hidupnya. Perubahan-perubahan tersebut akan nyata dalam seluruh aspek tingkah laku. Kemudian menurut Syah (1999) : “Belajar adalah kegiatan yang berproses dan merupakan unsur yang sangat fundamental dalam penyelenggaraan setiap jenis dan jenjang pendidikan”

Selanjutnya menurut Sadirman (2005), “Belajar itu senantiasa merupakan perubahan tingkah laku atau penampilan, dengan serangkaian kegiatan misalnya membaca, mengamati, mendengarkan, meniru dan lain sebagainya”. Dalam hal ini yang dimaksud belajar berarti usaha mengubah tingkah laku. Sehingga belajar akan membawa suatu perubahan pada individu-individu yang belajar.

Dengan demikian dapatlah disimpulkan bahwa belajar itu adalah rangkaian kegiatan jiwa raganya untuk menuju perkembangan pribadi manusia seutuhnya, menyangkut unsur cipta, rasa, karsa, ranah kognitif, afektif dan psikomotorik.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: