Hakikat Pembelajaran Fisika

Fisika mempunyai visi (cita-cita) membongkar, mengungkapkan atau mendokumentasikan rahasia alam semesta secara ilmmiah dalam bentuk aturan, hukum-hukum dan asas-asas fiska serta bersama-sama dengan bidang tekhnologi terapannya berupaya memanfaatkan secara maksimal hasil-hasil temuan ilmiah tersebut untuk meningkatkan iman dan taqwa umat manusia kepada ALLAH SWT sehingga terjadi penningkatan kesejahteraan alam dan seisinya.

Sebagai salah satu bagian dari ilmu sains, fisika bertujuan mempelajari komponen materi dan interaksi antar materi itu. Oleh karena itu dalam mempelajari fisika sebaiknya tidak hanya sebatas teoritis saja akan tetapi diperlukan kegiatan lainnnya berupa eksperimen dan juga kegiatan lain yang berhubungan daengan teori sehingga para siswa dapat secara langsung menemukan konsep-konsep yang ada dalam teori tersebut.
Untuk mencapai sebuah teori atau menemukan sebuah konsep fisika , seorang ilmuan harus melaksanakan mekanisme ilmiah guna menjelaskan berbagai fenomena alam dan menelaah hubungan sebab akinat hingga pada akhirnya diproleh suatu kesimpulan. Sedangkan hakikat fisika menurut Trianto (2008, 63) adalah “ilmu pengetahuan yang mempelajari gejala-gejala melalui serangkaian proses yang dikenal dengan proses ilmiah yang dibangun atas sikap ilmiah dan hasilnya terwujud sebagai produk ilmiah yang tersusun atas tiga komponen terpenting berupa konsep, prinsip dan teori yang berlaku secar universal”.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: