Bunyi

Bunyi merupakan gelombang yang merambat di udara dalam bentuk gelombnag longitudinal. Bunyi dihasilkan oleh benda yang bergetar. Benda yang bergetar yang menghasilkan bunyi disebut sumber bunyi. Gelombang longitudinal termasuk gelombang mekanik, oleh sebab itu dalam perambatannya gelombang longitudinal memerlukan medium. Jadi, syarat terjadinya bunyi ada tiga macam, yaitu ada sumber bunyi, medium, dan pendengar (penerima).
Bunyi memerlukan waktu tertentu dalam menempuh suatu jarak. Jika jarak yang ditempuh bunyi s dan waktu yang diperlukan t, cepat rambat bunyi v, hubungan ketiganya dapat dirumuskan, yaitu :

v = s/t
Dengan :

v = Cepat rambat bunyi (m/s)
s = Jarak tempuh bunyi (m)
t = Waktu yang diperlukan (s)

Karakteristik bunyi adalah sebagai berikut :

a. Nada
Nada merupakan bunyi yang memiliki frekuensi getaran teratur/tertentu. Semakin besar frekuensi getaran, makin tinggi nada yang dihasilkan. Sebaliknya semakin kecil frekuensi getaran makin rendah nada yang dihasilkan.

b. Kuat Bunyi
Kuat lemahnya bunyi dipengaruhi oleh besar kecilnya amplitudo getaran. Makin besar amplitudo getaran, makin kuat bunyi yang dihasilkan. Sebaliknya makin kecil amplitudo getaran makin lemah pula bunyi yang dihasilkan.

c. Warna Bunyi
pada umumnya sumber nada tidak bergetar hanya pada dasarnya, tetapi disertai pula dengan nada-nada atasnya. Gabungan nada-nada atas dan nada dasar menghasilkan bentuk gelombang tertentu untuk setiap sumber nada. Bentuk gelobang inilah yang mempengaruhi warna bunyi. Warna bunyi merupakan gabungan dari dua bunyi yang memiliki frekuensi sama, tetapi terdengar berbeda. Contohnya, pada saat seorang perempuan dan seorang laki-laki menyanyi dengan frekuensi yang sama, kita masih dapat mendengar perbedaan antara suara perempuan dan suara laki-laki.

d. Resonansi
Resonanasi adalah peristiwa ikut bergetarnya suatu benda karena pengaruh getaran benda lain yang bergetar. Contohnya, garpu tala, kentungan dapat berbunyi keras jika dipukul karena adanya resonansi. Di ruang tertutup bunyi (suara) terdengar lebih keras daripada di ruang terbuka ini akibat adanya pemantulan bunyi. Hukum pemantulan bunyi yaitu : a) Arah bunyi datang, garis normal, arah bunyi pantul terletak pada satu bidang datar. b) Besar sudut datang sama dengan sudut pantul.

e. Hukum Marsenne
Hukum Mersenne ditemukan oleh Marsenne melalui percobaan pada sebuah alat musik yang mengandalkan senar sebagai sumber bunyinya dan memvariasikan panjang senar, luas penampang senar tegangan senar, dan massa jenis senar.

Dari hasil percobaanya, di dapatkan kesimpulan sebagai berikut:

a. Frekuensi senar bergantung pada panjang senar. Senar yang panjang memiliki frekuensi yang rendah, sedngkan senar yang lebih pendek memiliki frekuensi yang tinggi.
b. Frekuensi senar bergantung pada luas penempang senar. Senar yang tebal memiliki frekuensi yang rendah, sedangkan senar yang tipis memiliki frekuensi tinggi.
c. Frekuensi senar bergantung pada tegangan senar. Senar yang tegang memiliki frekuensi tinggi, sedangkan senar yang kendor memiliki frekuensi yang rendah.
d. Frekuensi senar bergantung pada massa jenis senar. Senar yang ringan (massa jenis kecil) memiliki frekuensi tinggi, senar yang berat (massa jenis besar) memiliki frekuensi rendah.

Berdasarkan jarak antara pendengar dan pemantul, jenis pemantulan bunyi dapat dibedakan menjadi tiga macam yaitu :
a. Bunyi pantul yang memperkuat bunyi asli
Bunyi pantul yang memperkuat bunyi asli jka jarak antara pendengar dan bidang pemantul sangat dekat. Contohnya, menyanyi di kamar terdengar lebih keras dibandingkan di ruang terbuka.
b. Gaung atau Kerdam
Gaung adalah bunyi pantul yang sebagian terdengar bersamaan dengan bunyi asli.
c. Gema
Gema adalah bunyi pantul yang datangnya setelah bunyi asli.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: