Pengertian Interferensi

  

 Menurut Lado (dalam Puji, 2010:12) kata interferensi berasal dari “bahasa inggris interference yang artinya gangguan”. Jadi interferensi merupakan kesulitan yang timbul dalam proses penguasaan bahasa Indonesia dalam hal bunyi atau kontruksi lainnya.

Istilah interferensi pertama kali digunakan oleh Weinreich (dalam Avid, 2008) untuk menyebutkan “adanya perubahan sistem suatu bahasa sehubungan dengan adanya persentuhan bahasa tersebut dengan unsur-unsur bahasa lain yang dilakukan oleh penutur yang bilingual”. Penutur yang bilingual adalah penutur yang menggunakan dua bahasa secara bergantian, sedangkan penutur yang multilingual merupakan penutur yang dapat menggunakan banyak bahasa secara bergantian. Peristiwa interferensi terjadi pada tuturan dwibahasa sebagai kemampuannya dalam berbahasa lain.

Interferensi secara umum dapat diartikan sebagai percampuran dalam  bidang bahasa. Percampuran yang dimaksud adalah percampuran dua bahasa atau saling pengaruh antara kedua bahasa. Hal ini dikemukakan oleh Poerwa (dalam Avid:2008) yang menyatakan bahwa interferensi berasal dari bahasa inggris interference yang berarti percampuran, pelanggaran, rintangan.

Hubungan yang terjadi antara kedwibahasaan dan interferensi sangat   erat terjadi, hal ini dilihat pada kenyataan pemakai bahasa dalam kehidupan sehari-hari. Situasi kebahasaan masyarakat tutur bahasa Indonesia sekurang-kurangnya ditandai dengan pemakaian dua bahasa, yaitu bahasa daerah sebagai bahasa ibu dan bahasa Indonesia sebagai bahasa nasional. Situasi pemakaian  seperti inilah yang dapat memunculkan percampuran antara bahasa nasional bahasa Indonesia. Bahasa ibu yang dikuasai pertama, mempunyai pengaruh myang kuat terhadap pemakian bahasa kedua, dan sebaliknya bahasa kedua juga mempunyai penaruh yang besar terhadap pemakaian bahasa pertama. Kebiasaan untuk memakai kedua bahasa lebih secara bergantian disebut kedwibahsaan, dan peristiwa seperti ini dapat menimbulkan interferensi.

About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: